Wisata Pura Uluwatu Bali

Wisata Pura Uluwatu Bali


Pura Uluwatu Bali

Halo gaes saya akan membagi informasi tentan wisata pura uluwatu, Pura Uluwatu Bali terletak perbukitan Pecatu selatan Pulau Bali. Dimana termasuk wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta,Badung. Lokasi pura Uluwatu dari kota Denpasar berjarak kurang lebih 30 km ke arah Selatan melalui kawasan pariwisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban dan Desa Jimbaran. Pura Uluwatu dalam pengider-ider Bali berada di arah barat daya sebagai pura untuk memuja Tuhan yaitu sebagai Batara Rudra. Dimana kedudukan Pura Uluwatu berhadapan dengan Pura Andakasa, Pura Batur dan Pura Besakih. Karena itu banyak umat Hindu yakin Pura Uluwatu sebagai media untuk memohon karunia.

Pura Uluwatu Bali

Nama Pura Uluwatu berasal dari kata ulu berarti kepala atau ujung, sedangkan watu berarti batu. Oleh karena itu, yang dimaksud pura Uluwatu adalah Pura yang dibangun pada ujung batu karang. Pura Uluwatu dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Di kanan dan kiri bangunan dalam komplek Pura Uluwatu terdapat dua palung batu yang bentuknya mirip dengan perahu. Bila disatukan maka terbentuk sebuah sarkophagus yaitu keranda batu dari jaman Megalitik. Disini terdapat situs arkeologi dari abad ke-16 yaitu gapura atau candi bentar bersayap yang langka. pada  pintu masuk di Pura Luhur Uluwatu yaitu Candi Paduraksa yang bersayap.

Pura Uluwatu Bali, memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin pulau Bali. Lokasi pura terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Lokasi berdirinya bangunan pura Luhur Uluwatu, membuat wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya dapat menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah serta unik.Berbeda dengan pemandangan yang ada di objek wisata pura Tanah Lot, wisatawan yang berwisata ke pura Luhur Uluwatu akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tanpa adanya halangan yang menghalangi pemandangan sunset.

Wisatawan yang tidak membawa bekal makanan maupun minuman, tidak perlu khawatir. Sebab, di sekitar kawasan tempat liburan ini terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, wisatawan juga dengan mudah menemukan banyak restoran yang menyajikan berbagai menu makanan atau minuman dengan harga yang bervariasi. Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar lokasi tempat wisata Uluwatu, juga terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari kelas melati, villa, hingga hotel berbintang.

Tari Kecak Di Pura Uluwatu Bali

Selain daya tarik arsitektur pura serta keindahan pemandangan sunset, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Bali. Tari Kecak Uluwatu dimainkan oleh 50 – 100 orang penari. Penari Kecak akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih. Para penari Kecak sebagian besar adalah laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas tari Kecak adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari laki-laki yang saling bersahut-sahutan. Waktu pertunjukan tari kecak Uluwatu di lakukan di sore hari menjelang sunset, tepatnya dipentaskan pada pukul 18.10 – 19.00 waktu Bali.

Apakah anda saat ini berencanca untuk Berwisata ke Pura Uluwatu, jika iya anda mungkin sedang mencari Informasi Harga Tiket Pura Uluwatu, adapun harga Tiket Masuk Pura Uluwatu.
Rp 20.000/Orang Dewasa (Warga Negara Indonesia)
Rp 30.000/Orang Dewasa (Warga Negara Asing)



Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Sanur Bali

Wisata Pantai Pandawa Bali

Wisata Air Terjun Di Jember